Kumpulan Soal SBMPTN Bahasa Indonesia Tahun 2015-2016
Soal
SBMPTN
Teks
1 digunakan untuk menjawab soal nomor 61 sampai dengan 65
Teks 1
(1) Beberapa hari menjelang Imlek
(Chuxi) atau Cap Go Meh, warga Tionghoa biasanya mempunyai tradisi untuk
membersihkan rumah secara besar-besaran. (2) Semua anggota keluarga
bahu-membahu menghiasi rumah dengan pernak-pernik Imlek, seperti lampion untuk menciptakan
suasana riang dan gembira. (3) Hari terakhir menjelang Imlek ini disebut
perayaan malam tahun baru atau Chuxi. (4) Kata itu dalam bahasa Mandarin
berarti “menghapus yang lama dan jahat” serta berdoa untuk menyongsong
kedatangan tahun baru terbaik.
(5) Pada malam tahun baru diadakan
Upacara Sembahyang Tutup Tahun, yang dilakukan dengan tujuan seperti
menghormati dan memuliakan leluhur atau sebagai ungkapan dan tanda bukti dari
anak kepada kedua orang tuadan leluhur. (6) Itu merupakan wujud dari sebuah
pelaksana moral Konfusianis, dikarenakan ajaran tersebut bersifat humanis,
religious, dan berakar kuat pada penekanan konsep bakti. (7) Sudah menjadi
kebiasaan bagi keluarga keturunan Tionghoa untuk menyajikan sesajian sebagai
penghormatan terhadap arwah orang tua, kakek, atau anggota leluhur lain. (8)
Sebuah altar sudah dipenuhi berbagai jenis makanan yang tertera rapi dengan
kedua foto orang tua serta beberapa hio yang hamper terbakar habis. (Diadaptasi
dari http://nationalgeographic.co.id/berita/2016/02/budaya-yang-sarat-akan-makna)
SBMPTN
2016
1. Apa
gagasan utama paragraph ke-2?
(A)
Sembahyang Tutup Tahun sebagai tanda bakti anak
(B)
Penghormatan kepada leluhur pada malam tahun baru Imlek
(C)
Upacara yang merupakan pelaksaan ajaran Konfusianis
(D)
Kebiasaan keluarga Tionghoa dalam menyiapkan sesajian kepada leluhur
(E)
Altar yang dipenuhi makanan, foto leluhur, dan hio
SBMPTN 2016
2. Pada
kalimat nomor berapa terdapat kesalahan penggunaan tanda koma?
(A)
1
(B)
2
(C)
5
(D)
6
(E)
7
SBMPTN 2016
3. Pernyataan
manakah yang TIDAK sesuai dengan isi teks di atas?
(A) Warga Tionghoa mempunyai kebiasaan membersihkan
rumah secara besar-besaran sebelum Cap Go Meh.
(B) Pada tahun baru Imlek, keluarga keturunan
Tionghoa menghias rumahnya dengan hiasan khas
Imlek.
(C) Kata Chuxi berarti menghapus yang lama dan jahat
serta menyongsong yang baik pada tahun baru.
(D) Acara sembahyangTutup Tahun dilakukan sebagai
penghormatan dan tanda bakti anak kepada leluhur.
(E) Acara malam tahun baru selalu meriah dengan
berbagai jenis makanan.
SBMPTN 2016
4. Apa
yang dirujuk kata itu ada kalimat (6)?
(A) Menyongsong kedatangan tahun baru.
(B) Tanda bakti
(C) Upacara Sembahyang Tutup Tahun
(D) Chuxi
(E) Menghormati dan memuliakan leluhur
SBMPTN 2016
5. Apakah
kelemahan yang ada di dalam teks di atas?
(A) Penggunaan kata untuk pada kalimat (1).
(B) Penggunaan kata seperti pada kalimat (2).
(C) penggunaan kata serta pada kalimat (4).
(D) Penggunaan kata atau pada kalimat (5).
(E) Penggunaan kata dikarenakan pada kalimat (6).
Teks
2 digunakan untuk menjawab soal nomor 6 sampai dengan 10
Teks
2
(1)
Sebuah studi menunjukkan bahwa anak yang dibiasakan mendengarkan cerita sejak
dini dan dikenalkan dengan kebiasaan membaca memiliki perkembangan jaringan
otak yang lebih awal. (2) Sebaliknya, anak yang tidak dikenalkan dengan
kebiasaan membaca memiliki perkembangan yang kurang pada jaringan tersebut. (3)
Anak-anak balita dengan orang tua yang rutin membacakan buku untuk mereka
megalamai perbedaan perilaku dan prestasi akademik dengan anak-anak dengan
orang tua yang cenderung pasif dalam membacakan buku. (4) Menurut sebuah studi
baru yang diterbitkan dalam jurnal Pediatrics menemukan perbedaan yang juga
terjadi pada aktivitas otak anak.
(5)
Peneliti mengamati perubahan aktivitas otak anak-anak usia 3 sampai dengan 5
tahun yang mendengarkan orang tua mereka membacakan buku melalui scanner otak
yang disebut functional magnetic resonance imaging (FMRI). (6) Orang tua
menjawab pertanyaan tentang berapa banyak mereka membacakan cerita untuk
anak-anak serta seberapa sering melakukan komunikasi. (7) Para peneliti melihat
bahwa ketika anak-anak sedang mendengarkan orang tua bercerita, sejumlah daerah
di bagian kiri otak menjadi lebih aktif. (8) Ini adalah daerah yang terlibat
dalam memahami arti kata, konsep, dan memori. (9) Wilayah otak kiri ini juga
menjadi aktif ketika anak-anak bercerita atau membaca. (10) Pada studi ini
menunjukkan bahwa perkembangan daerah ini dimulai pada usia yang sangat muda.
(11) Yang lebih menarik adalah bagaimana aktivitas otak di wilayah ini lebih
sibuk pada anak-anak yang orang tuanya gemar memebaca. (12) Membacakan buku
untuk anak membantu pertumbuhan neuron di daerah ini yang akan menguntungkan
anak di masa depan dalam hal kebiasaan membaca. (Diadaptasi dari http://health.kompas.com/read/2016/02/07/135500623/Membacakan.Buku.Meningkatkan.Kinerja.Otak.Balita)
SBMPTN 2016
6. Apa
judul yang tepat untuk Teks 2 tersebut?
(A)
Pengenalan Kebiasaan Membaca sejak Dini
(B)
Balita dan Kebiasaan Mendengarkan Cerita
(C)
Pembiasaan Anak dalam Mendengarkan Cerita
(D)
Peningkatan Kinerja Otak melalui Membaca
(E)
Peran Orang Tua dalam Membacakan Cerita
SBMPTN 2016
7. Kalimat
manakah yang TIDAK efektif dalam Teks 2?
(A)
1 dan 7
(B)
2 dan 8
(C)
3 dan 9
(D)
4 dan 10
(E)
5 dan 12
SBMPTN 2016
8. Bagaimana
hubungan isi antarparagraf dalam Teks 2?
(A)
Paragraf ke-2 memaparkan simpulan penelitian yang dibahas pada paragraf ke-1
(B)
Paragraf ke-2 memerinci temuan penelitian yang dipaparkan pada paragraf ke-1
(C)
paragraf ke-2 memaparkan perbedaan perilaku yang dibahas pada paragraf ke-1
(D) Paragraf ke-2 memaparkan penelitian terhadap
balita yangb diuraikan pada paragraf ke-2.
(E) Paragraf ke-1 memaparkan hasil penelitian yang
diuraikan pada paragraf ke-2.
SBMPTN 2016
9. Apa
simpulan teks tersebut?
(A) Anak-anak yang belajar membaca pada usia 3-5
tahun akan mempercepat perkembangan otakntya.
(B) Semakin awal kebiasaan membaca buku
diperkenalkan, semakin aktif otak anak bekerja.
(C) Anak-anak yang mulai belajar membaca
sejak balita akan menjadi anak-anak yang otak kirinya
lebih aktif.
(D) Kebiasaan mendengarkan cerita dan
membaca sejak usia balita berdampak positif untuk perkembangan otak.
(E) Otak kiri bertanggung jawab terhadap proses
pemahaman arti kata dan konsep.
10. Apa
gagasan utama yang tepat untuk paragraf selanjutnya dari teks tersebut?
(A) Tujuan membiasakan anak membaca cerita sejak
usia dini
(B) Strategi penerapan hasil penelitian untuk
pendidikan anak
(C) Faktor-faktor yang dapat mendorong anak gemar
membaca
(D) Manfaat kebiasaan memabaca dan mendengarkan
ceruita pada anak
(E) Kebiasaan membaca dan mendengarkan cerita pada
anak
Teks
3A dan 3B digunakan untuk menjawab soal nomor 11 sampai dengan 15
Teks
3A
(1)
Pada zaman yang modern ini teknologi berkembang dengan pesat dalam
berbagai bidang, seperti komunikasi,
medis, transportasi, dan lain-lain. (2) Namun, perkembangan pada bidang
teknologi komunikasi adalah yang paling pesat. (3) Contohnya adalah handphone.
(4) Saat ini teknologi handphone telah menjadi sangat modern. (5) Handphone
telah menjadi lebih praktis dan memiliki bermacam-macam fitur yang sangat
banyak dan menarik. (6) Berkembangnya teknologi handphone ini membuat para
remaja menggandrunginya. (7) Mereka mulai menggunakan handphone dengan berbagai
macam keperluan, seperti hiburan dan komunikasi. (8) Namun, perkembangan
teknologi dalam bidang komunikasi ini menimbulkan dampak bagi penggunanya,
khususnya para remaja. (Diadaptasi dari http://www.astalog.com/852/contoh-teks-diskusi-bertema-perkembangan-teknologi.htm)
Teks
3B
(9)
Perkembangan teknologi handphone memiliki dampak positif bagi para remaja. (10)
Mereka dapat mengenal lebih luas teknologi komunikasi ini dan juga dapat
memanfaatkan handphone untuk memudahkan pekerjaan mereka. (11) Selain memiliki
manfaat yang positif, perkembangan handphone berdampak buruk lagi para remaja .
(12) Contoh dampak negatifnya adalah remaja menjadi kecanduan menggunakan
teknologi tersebut sehingga mereka lupa akan kewajiban belajar. (13) Oleh
karena itu, kita sebagai remaja harus dapat memanfaatkan teknologi elektronik
dengan sebaiknya. (14) Kita harus menggunakan handphone ini untuk hal-hal yang
bermanfaat baik bagi diri kita sendiri maupun bagi orang lain, bukan malah merugikan
. (Diadaptasi dari http://www.astalog.com/852/contoh-teks-diskusi-bertema-perkembangan-teknologi.htm)
SBMPTN 2016
11. Apa
makna kata dampak pada kalimat (8)?
(A)
Implikasi
(B)
Manfaat
(C)
Tujuan
(D)
Hasil
(E)
Pengaruh
SBMPTN 2016
12. Berdasarkan
isi Teks 3B, kepada siapa penulis teks berpihak?
(A)
Pengguna handphone
(B)
Remaja
(C)
Siswa
(D)
Masyarakat
(E)
Penjual Handphone
SBMPTN 2016
13. Apa
perbedaan tujuan penulisan Teks 3A dengan Teks 3B?
(A) Teks 3A memaparkan bahwa handphone telah menjadi
teknologi modern: Teks 3B menguraikan
manfaat handphone bagi penggunanya.
(B) Teks 3A memaparkan kegandrungan remaja pada
handphone: Teks 3B memaparkan dampak positif
dan negative penggunaan handphone.
(C) Teks 3A memaparkan anjuran agar remaja
memanfaatkan handphone dengan baik: Teks 3B menguraikan
penggunaan handphone untuk berbagai keperluan.
(D) Teks 3A memaparkan fitur-fitur handphone: Teks
3B menguraikan contoh pemanfaatan handphone
dalam kehidupan.
(E) Teks 3A menguraikan alasan dampak teknologi
komunikasi bagi penggunanya: Teks 3B memengaruhi
remaja untuk bijak dalam menggunakan handphone.
SBMPTN 2016
14. Informasi
apa yang ada di dalam Teks 3B, tetapi TIDAK dimuat dalam Teks 3A?
(A)
Imbauan bagi remaja pengguna handphone
(B)
Manfaat positif handphone
(C)
Manfaat buruk handphone
(D)
Bidang-bidang pemanfaatan teknologi modern
(E)
Perkembangan pesat handphone
SBMPTN 2016
15.
Apa kelemahan isi teks?
(A) Teks 3A tidak memuat pernyataan tentang perkembangan medis dan transportasi.
(A) Teks 3A tidak memuat pernyataan tentang perkembangan medis dan transportasi.
(B)
Teks 3B tidak mencontohkan mengapa handphone penting.
(C)
Teks 3A tidak menjabarkan dampak handphone bagi penggunanya.
(D)
Teks 3B tidak menyebutkan alasan dampak positif handphone.
(E)
Teks 3A tidak menggambarkan pemakaian handphone.
Terimakasih Sangan Membantu
BalasHapus